Home » , , , , » KEBUDAYAAN KOTA CIREBON JAWA BARAT

KEBUDAYAAN KOTA CIREBON JAWA BARAT

Indoborneonatural----Cirebon merupakan salah satu wilayah dengan bentuk Kabupaten yang termasuk dalam wilayah Propinsi Jawa Barat yang memiliki pusat pemerintahan di Kota Cirebon. Seperti halnya daerah lain yang ada di Indonesia, Cirebon juga memiliki kebudayaannya sendiri yang unik dan berbeda dari daerah di Jawa Barat lainnya. Kesenian, tradisi dan unsur-unsur nilai budaya yang amat luhur sebagai faktor penunjang dalam menyokong pembangunan di wilayah Kota Cirebon. Budaya yang cenderung religius berbaur dengan budaya Keraton yang bernuansa kerajaan sangat khas dan amat menonjol sebagai ciri khas yang amat kental di Kota ini. Kota Cirebon terkenal juga memilki kebudayaan yang sangat melekat yakni perpaduan dari berbagai budaya yang datang serta mempunyai bentuk ciri khas tersendiri. Dapat dilihat dari beberapa pertunjukan yang begitu khas dari masyarakat Cirebon yaitu diantarnya Tarling, Tari Topeng Cirebon, Sintren, Kesenian Gembyung dan Sandiwara Cirebonan.

Kota ini memilki beragam jenis kerajinan tangan antara lain Topeng Cirebon, Lukisan Kaca, bunga Rotan, dan Batik. Batik khas dari Cirebon mempunyai ciri khas tersendiri yang mnugkin tidak akan ditemukan di tempat lain yaitu motif mega mendung, motif ini mempunyai bentuk seperti awan bergumpal-gumpal yang biasanya membentuk bingkai pada gambar utama.
Motif mega mendung sendiri diciptakan oleh Pangeran Cakrabuana pada tahun 1452-1479, Pada awalnya seni batik Cirebon hanya dikenal di kalangan keraton, karena batik tersebut didapat dari pengaruh keraton-keraton yang ada di Cirebon. Seiring berkembangnya seni batik di Cirebon, batik motif mega mendungpun mulai banyak digunakan dari berbagai kalangan. Selain itu terdapat juga motif-motif yang disesuaikan dengan ciri khas pesisir.
Kebudayaan di Kota Cirebon memilki potensi yang sangat potensial untuk dikembangkan sehingga dapat diberdayakan menjadi nilai tinggi yang dapat dilestarikan dan juga dapat pula disajikan nilai komoditas pariwisata sebagai daya tarik tersendiri di Kota Cirebon. Beragam kesenian dan tradisi serta unsur-unsur budaya yang luhur bisa dijadikan faktor penunjang dalam menyokong pembangunan di wilayah Kota Cirebon. Budaya yang cenderung religius berbaur dengan budaya keraton yang bernunsa kerajaan sangat khas dan juga sangat menonjol adalah merupakan ciri khas yang sangat kental di Kota Cirebon ini.
( Sumber : pintuwisata.com )

0 komentar:

Kotak Pencarian


Powered by Blogger.