Home » , » TINGKATAN ILMU BELADIRI SILAT KUNTAU DARI KALIMANTAN

TINGKATAN ILMU BELADIRI SILAT KUNTAU DARI KALIMANTAN

Kuntau adalah termasuk salah satu jenis ilmu seni beladiri di Tanah Kalimantan yang dikenal sangat mematikan walau hanya dipelajari dalam beberapa bulan.

Menurut beberapa sumber kuntau berasal dari Tiongkok yang dibawa oleh bangsa Tionghoa ke Indonesia saat berdagang.

Ada beberapa tokoh pelatih mengartikan kata kuntau; Ada yang mengartikan bahwa Kun itu adalah Jadi, dan tau itu Isyarat. Ada pula yang mengatakan Kun itu arah, tau itu pukulan.

Ilmu Seni Beladiri Kuntau memiliki banyak aliran, ada Bangkui, Jipuk, Sendeng, dan lain sebagainya, ini dapat dilihat dari beberapa perguruan dan pembelajaran di daerahnya.

Seiring berjalannya waktu, kini perguruan kuntau telah bisa di pelajari oleh masyarakat umum. Karena pada zaman dulu kuntau di pelajari sembunyi-sembunyi dan cuma untuk keturunan saja. Mungkin karena takut tekniknya terbongkar oleh Kolonial Belanda waktu itu.
Kalau di lihat gerakan permainan kuntau saat membawakan bunga mirip sekali dengan menari. Menurut saya gerakan tersebut sengaja dimodifikasi mirip tarian karena waktu itu pelajaran silat dilarang.


Dalam mempelajari kuntau ada beberapa macam tingkatan pembelajaran yang ditempuh oleh para murid tersebut yaitu;

1. Tumbuk satu
Ini adalah teknik paling dasar untuk murid pemula mempelajari kuntau, yaitu kita dilatih memasang kuda-kuda, lalu bagaimana cara memukul lawan dengan kuda-kuda yang pas.

2. Bunga
Bagian ini adalah tahap memperagakan jurus-jurus masing yang setiap gerakan memiliki arti masing-masing. Pada bagian bunga inilah akan melahirkan buah yang disebut;

3. Patikaman,
Suatu teknik bertahan dari serangan musuh dan menyerang balik, teknik  menyerang musuh di beberapa bagian kelemahan lawan, pakai senjata maupun tangan kosong. Tak ketinggalan mengunci musuh dan cara melepaskannya. Patikaman ini jika sudah mencapai tingkat tinggi maka akan memasuki jurus gaib dengan replek yang mampu menangkis semua serangan musuh, walaupun kita dalam keadaan tidur sekalipun

4. Batamat
Suatu tahap puncak yang ditunggu dan mendebarkan bagi anggota pakuntauan. Pada bagian ini kita di uji oleh guru apakah sudah bisa dikatakan lulus atau belum. Biasanya kita diserang secara mendadak baik menggunakan tangan kosong atau pakai senjata, saat gelap maupun terang, ditempat sempit atau terbuka, tergantung guru masing-masing.

5. Cempedih
Suatu jenis kekuatan magik yang hanyar diberikan pada murid-murid terpilih dan memenuhi syarat tertentu yang sangat berat, dan sangat jarang masih ada dijaman sekerang. Menurut cerita ada seorang yang memiliki ilmu cempedih disuruh masuk kedalam jamban terbuat dari kayu terus di tombak oleh orang banyak, tapi saat beliau keluar malah baik baik saja.


Nah selesaikan tahap pembelajarannya. Setelah itu tergantung kita, untuk melatihnya.

0 komentar:

Cari Artikel