Home » » Sopan Santun Kekerabatan Masyarakat Indonesia

Sopan Santun Kekerabatan Masyarakat Indonesia

Adat sopan santun  masyarakat Indonesia
Hubungan antara kerabat dari masyarakat Indonesia didasarkan pada tingkah laku tertentu, yaitu perasaan umum tentang keamuan baik terhadap seluruh kerabat, baik kerabat karena hubungan darah maupun kerabat karena ikatan perkawinan. Dalam kebiasaan suku bangsa Jawa, Sunda, dan Banjar masa lalu terdapat suatu sikap ideal yang menghendaki yang muda menghormati yang tua.

Bentangan Istilah kekerabatan terbatas pada pengetahuan dan ingatan. Pengetahuan dan ingatan orang akan kerabatnya berbeda-beda. Umumnya seorang Jawa, Sunda, dan Banjar berhubungan terutama dengan anggota keluarga batihnya, saudara kandung orang tua dan anak-anaknya, kakek dan neneknya, dan kerabat isterinya.

Terjadinya hubungan antara kerabat sekurang-kurangnya ditentukan oleh jarak tempat tinggal, usia, dan mati hidupnya anggota kerabat. Kerabat yang jauh tempat tinggalnya kemungkinannya sedikit dapat berkomunikasi dengan kerabat lainnya sangat besar. Orang yang usianya sebaya atau yang jarak usianya tidak terlalu jauh akan lebih mudah berkomunikasi di antara mereka dibandingkan dengan orang yang usianya sudah lanjut dan orang yang usianya sangat muda. Demikian juga orang yang sudah mati tidak mungkin lagi dapat berkomunikasi dengan orang yang masih hidup.

Pembicaraan mengenai sopan santun kekerabatan didasarkan kepada kemungkinan-kemungkinan hubungan antara kerabat. Pembicaraan ini terutama mengenai sopan santun antara kerabat yang berkomunikasi.
Bentuk-bentuk hubungan  dan sopan santun kekeraban dari masyarakat Indonesia ini pada umumnya meliputi hubungan :

1. Hubungan antara saudara kandung
2. Hubungan antara anak dengan Orang tua
3. Hubungan antara Kemanakan dengan Saudara Orang Tua
4. Hubungan antara Cucu dengan Kakek dan Nenek
5. Hubungan antara Saudara Sepupu
6. Hubungan antara antara Suami dan Isteri
7. Hubungan antara Menantu dengan Mertua
8. Hubungan antara Ipar
9. Hubungan antara Besan dengan Besan
10. Hubungan antara Buyut dengan Buyut.

Demikianlah artikel tentang sopan santun kekerabatan masyarakat Indonesia ini, terimakasih sudah berkunjung di blog anak bangsa ini. salam. 

Sumber : Disarikan dari berbagai sumber !!

0 komentar:

Cari Artikel