Home » , » CERITA DAERAH NUSANTARA : ASAL USUL GUNUNG BATU BANGKAI (KALIMANTAN SELATAN)

CERITA DAERAH NUSANTARA : ASAL USUL GUNUNG BATU BANGKAI (KALIMANTAN SELATAN)

Indoborneonatural-----Dikisahkan dahulu kala, di sebuah daerah pegunungan bernama Loksado, ada seorang anak bernama Andung yang tinggal berdua saja dengan ibunya yang ia panggil Uma. Ibunya adalah seorang janda yang miskin. Andung mempunyai keahlian mengobati berbagai macam penyakit. Bakat ini ia peroleh dari almarhum ayahnya yang telah lama meninggal.

Meskipun hidup mereka sangat sederhana, andung dan ibunya saling menyayangi. Setiap hari, Andung pergi kehutan untuk mencari kayu bakar dan menjualnya ke pasar, sedangkan ibunya mencari buah-buahan disekitar hutan ditempat mereka tinggal.

Pada suatu hari ketika baru menyelesaikan pekerjaannya di huta, tiba-tiba Andung mendengar suara orang menjerit. Andung segera mendatangi arah suara itu. Ternyata, ia menemukan seorang kakek yang terluka, karena kakinya terjepit batang pohon yang tumbang. Andung segera menolong kakek itu dan mengobati lukanya.

Sang kakek merasa sangat berterima kasih kepada Andung. Lallu, ia mengambil sesuatu dari dalam kantong kulit yang dibawanya. Ia mengeluarkan seutas kalung.

"Nak, aku tidak punya apa-apa untuk membalas budi kepadamu. Namun, ambillah kalung ini untukmu. Mudah-mudahan, suatu saat akan membawa keberuntungan bagimu," ujar sang kakek.

Andung lalu pulang ke rumah dan menceritakan kepada ibunya.




0 komentar:

Kotak Pencarian


Powered by Blogger.