Home » » INILAH SARANA ANGKUTAN SUNGAI DI PERAIRAN KOTA BANJARMASIN

INILAH SARANA ANGKUTAN SUNGAI DI PERAIRAN KOTA BANJARMASIN


Indoborneonatural---Membicarakan transportasi di Kota Banjarmasin yang dikenal dengan julukan kota seribu sungai, tentu tidak terlepas dari masalah transportasi sungai yang mememang memiliki karakteristik tersendiri. Karakteristik sarana angkutan sungai di Perairan Kota Banjarmasin adalah sarana transportasi dan angkutan yang memang khas menyesuaikan dengan lingkungan alam yang bercirikan kehidupan masyarakat kota Banjarmasin yang tidak terlepas dengan budaya sungai.

Secara umum sungai-sungai di Kota Banjarmasin terbagi menjadi tiga jenis sungai yaitu Sungai Besar, Sungai sedang dan Sungai kecil :

1. Sungai Besar
Sungai besar ini memiliki ciri dan bentuk berupa (Lebar>50 m), panjang 48.271 m, Jumlah sungai besar ini ada 3 (tiga) buah yaitu Sungai Barito, Sungai Martapura dan sungai Alalak.

2. Sungai Sedang
Sungai sedang ini memiliki ciri dan bentuk berupa (15 m <Lebar<50 m), panjang 87.296 m, Jumlah sungai sedang ini ada 45 buah, yang terkenal antara lain Sungai kuin, Sungai Andai, Sungai Awang, Sungai Jafri Zam-zam, Sungai Duyung, Sungai Kelayan, dll.

3. Sungai kecil
Sungai kecil ini memiliki ciri dan bentuk berupa (Lebar<15 m), panjang 49.736 m, Jumlah sungai sedang ini ada 54 buah, yang terkenal antara lain Sungai Lumbah, Sungai Lulut, Sungai Guring, Sungai Tatas, Sungai Keramat, Sungai Kuripan, dll.

Sungai Lulut

Dalam rangka transfortasi melewati sungai-sungai tersebut, ada beberapa jenis angkutan sungai sebagai sarana transfortasi sungai di perairan kota Banjarmasin antara lain :

1. Perahu Jukung
2. Motor Getek Klotok / MG
3. Kapal Motor / KM
4. Truk Air / TA
5. Bus Air / BA
6. Speed Boat / SB
7. Long Boat / LB
8. Kapal Motor Penyebrangan/KMP

Untuk mendukung kegiatan transfortasi dan sarana angkutan sungai di perairan Kota Banjarmasin ini, terdapat beberapa dermaga yang tersebar di beberapa titik di sungai di Kota Banjarmasin. Dermaga-dermaga tersebut antara lain :

1. Dermaga Alalak
2. Dermaga Banjar Raya
3. Dermaga Pasar Lima
4. Dermaga Ujung Murung
5. Dermaga Pasar Baru

Demikian tentang sarana angkutan sungai di Perairan Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan, Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

0 komentar:

Kotak Pencarian


Powered by Blogger.