Home » » Informasi Objek Wisata Di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat

Informasi Objek Wisata Di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat

Ketika penulis berkunjung ke daerah NTB beberapa waktu lalu, penulis menyempatkan berkunjung ke beberapa objek wisata yang ada disana. Ada beberapa objek wisata menarik yang ada di daerah Lombok Nusa Tenggara Barat yang banyak dikunjungi wisatawan. Baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Diantara objek wisata tersebut banyak yang memiliki keindahan yang luar biasa antara lain :

1. Tiga Gili (Gili Terawangan, Gili Meno, Gili Air)

3 (Tiga) Gili sebagai sebutan akrap untuk menunjuk tiga buah tempat wisata yaitu: Gili Terawangan, Gili Meno, Gili Air. Tiga Gili ini berlokasi di Kabupaten Lombok Utara, berjarak sekitar 60 km dari kota Mataram. Akses menuju ke sana menggunakan perahu penyebrangan melalui PEMENANG dengan jarak tempuk sekitar 15 menit.


2. Pantai Senggigi (Senggigi Beach)

Pantai Senggigi adalah tempat pariwisata yang terkenal di Lombok letaknya di sebelah barat pesisir Pulau Lombok. Pantai Senggigi memang tidak sebesar Pantai Kuta di Bali, tetapi seketika kita berada di sini akan merasa seperti berada di Pantai Kuta, Bali. Pesisir pantainya masih asri. Berjarak sekitar 20 Km dari Kota Mataram dengan jarak tempuh 20 menit. Lokasi tersebut dapat di akses dengan kendaraan bermotor.


3. Pusat Mutiara (Sekarbela)

Pusat pengrajin perhiasan mutiara di Lombok, berjarak sekitar 3 km dari kota Mataram dan berada di pusat kota.


4. Pusat Cukilan (Sayang-sayang)

Sayang-sayang merupakan daerah pengrajin meubeler dengan aksesoris utama "cukli" cukli adalah namadari kerang yang didatangkan dari luar daerah seperti Sulawesi, Flores atau bahkan Jawa yang memiliki kulit keras dan berwarna putih gading. Pusat cukli ini berjarak sekitar 5 Km dari Pusat Kota Mataram.


5. Pantai Mandalika

Pantai Mandalika an Tanjung A'an yang jaraknya sekitar 65 km dari kota Mataram dengan jarak tempuh sekitar 2 jam, juga menjadi kawasan wisata pantai terkenal di selatan Lombok Tengah. Lautnya yang tenang membuat kawasan ini ideal untuk berenang. Keindahan panorama pantainya bisa pula dinikmati dari areal perbukitan yang tidak jauh dari lokasi pantai. Salah satu kawasan di pantai ini kemudian dikenal dengan Puteri Nyale. Sebuta ini berkait erat dengan ritual suku Sasak, suku asli pulai Lombok yang melakukan perayaan Bau Nyale - pesta menagkap Nyale setahun sekali, yang biasanya diselenggarakan antara bulan Februari dan Maret, sebagai ungkapan kegembiraan masyarakat Lombok akan kesuburan tanahnya.


6. Pusat Tenun Khas Sasak (Sukarare)

Kain tenun songket sasak sudah sangat dikenal dengan keindahan motif dan kehalusan kainnya yang bahkan telah mendunia. Namun keberadaan salah satu warisan budaya yang pengerjaan yang masih ditekuni secara tradisional ini kini terancam punah. Pembuatan tenun tradisional songket sasak hingga kini masih ditekuni warga Desa Sukarare, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Disepanjang jalan desa bisa ditemui warga dari berbagai Usia. Mulai kaum muda hingga lanjut usia, tampak asyik menenun secara tradisional kain songket ini. Lokasi berjarak sekitar 25-30 km dari pusat Kota Mataram.


7. Taman Wisata Narmada (Air awet muda)

Narmada terletak 10 kilometer di sebelah timur Kota Mataram. Kota ini terkenal dengan julukan kota "Air". Hal ini didasarkan pada kenyaataan bahwa Narmada mempunyai banyak mata air. Mata air berasal dari simpanan air hutan di daerah Narmada yang terletak di Suranadi dan Sesaot.



8. Danau Segara Anak (Gunung Rinjani)

Segara anak adalah danau kawah Gunung Rinjani di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat Indonesia. Nama Segara Anak berarti anak laut diberikan untuk itu karena warna biru mengingatkan danau laut, Jarak tempauh sekitar 2-3 jam dari pusat kota Mataram.


PUSAT KULINER

- Jalan Udayana (malam hari) : menu khas lombok : sate bulayak dan sate rembiga

- Jalan Selaparang (siang dan malam) : menu khas lombok ayam Taliwang/plecing

- Jalan Airlangga (Siang dan malam) : menu khas lombok / masakan nasional.

0 komentar:

Cari Artikel