Home » , , , » MENGENAL OBJEK WISATA ALAM DAN KERAJINAN KABUPATEN TAPIN KALIMANTAN SELATAN

MENGENAL OBJEK WISATA ALAM DAN KERAJINAN KABUPATEN TAPIN KALIMANTAN SELATAN

Tapin sebagai salah satu Kabupaten di Kalimantan Selatan, Kabupaten Tapin yang bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 4 jam perjalanan darat dari kota Banjarmasin, juga memiliki beberapa objek wisata yang sangat menarik, beberapa wisata yang menonjolkan keindahan alam, satwa, tanaman dan kebudayaannya, banyak dikunjungi pada wisatawan lokal dan nasional. Berikut beberapa objek wisata alam dan kerajinan di kebupaten Tapin Kalimantan Selatan ini yang sangat menarik untuk kita kunjungi secara langsung :


GOA BATU HAPU

Terletak didesa Batu Hapu Kec. Hatungun, sekitar 45 Km dari kota Rantau. Goa legenda tentang anak durhaka bernama Hangui yang dikutuk menjadi batu. Menurut riwayar, Goa batu Hapu adalah bagian tengah kapal Hangui yang pecah menjadi 3 bagian, bagian dengan disebut Batu laki yang sekarang ada di Gunung Batu Benawa desa Pagat Hulu Sungai Tengah, bagian belakang atau buritan terdampar menjadi Batu Bini di Hulu Sungai Selatan.
Goa Batu Hapu
Goa alam dengan sajian panorama batu stalaktit dan stalaknit serta beberapa bebatuan berbentuk unik menyerupai wanita hamil dan binatang ini merupakan salah satu tujuan wisata alam unggulan di Kalimantan selatan wisatawan karena menyajikan paronama alam yang indah untuk liburan keluarga dan wisata remaja.


GOA BERAMBAN

 Gua Beramaban berada di Kecamatan Piani yang terletak diujung timur Kabupaten Tapin dengan jarak 18 Km dari Kota Rantau dengan ketinggian 500 – 900 meter dari permukaan laut (Mdpl) yang terletak pada 200-300 LS dan 1.1400-1.1500 BT. Terletak didesa Beramban kecamatan Piani sekitar 17 Km dari kota Rantau. Di wilayah tersebut terdapat sebuah bukit yang konon bukit ini masih ada hubungannya dengan legenda Batu Laki dan Batu Bini di Hulu Sungai Selatan. Bukit dengan vegetasi hutan dan semak belukar tersebut yakni Bukit Telungin yang merupakan suatu kawasam karst yang memiliki beberapa buah gua yang tidak dijaga dengan status kepemilikan tanah diatas lokasi gua merupakan tanah negara dan keberadaan gua-gua tersebut sudah lama dikenal khususnya oleh masyarakat setempat maupun dari instansi pemerintah daerah setempat.

Gua Beramban
 Goa dengan bebatuan stalaktit dan stalaknit penggunungan meratus yang memilikki 3 jenis Goa yaitu Goa Liang angin di ketinggian sekitar 300 m2 dengan panjang sekitar 70 meter didalam perut gunung Beramban, yang kedua adalah Goa Liang Macan dengan luas sekitar 50 m2 dan lorong-lorong Goa kecil pada kedalaman tertentu yang saling berhubungan. Goa ketiga adalah Goa Liang Air yang terletak didasar gunung. Panjang goa diperkirakan 2 Km dan hanya bisa dilewati dengan perahu karet. 

(Rafflesia Flower) dan sekitar 5 Km sebelum menuju goa pada sisi jalan terdapat Lokasi pertambangan yang memilikki panorama eksotis untuk Goa Beramban merupakan salah satu objek wisata alam unggulan yang menawarkan panorama komplet bagi penggemar wisata alam, Hiking Outbond, Wisata Susur goa dan perkemahan.


KERAJINAN SUKU DAYANK PIANI

Terletak didesa Harakit kecamatan Piani sekitar 30 Km dari kota Rantau. Air terjun dengan ketinggian 12 M ini terbagi terbagi pada beberapa curahan dengan kesegaran khas air pegunungan meratus yang alami. Sebelum menuju ke lokasi objek wisata para wisatawan bisa singgah di Balai Adat Dayak Piani lereng meratus kabupaten Tapin yang bersahaja memepertahankan ke arifan lokal Budaya Mereka. Pada Musim pasca panen kemeriahan akan semakin terasa dengan ikut menyaksikan para Balian menyebar mantera pujian kealam semesta berpadu aroma harum menyan dan gerak ritmis para dara dayak menarikan tari kanjar dan babansai.

Eksotika ke indahan flora pegunungan meratus dengan aneka angreknya berpadu kesejukkan dirus bias air terjun lanjung Bepayung merupakan terapi alam untuk menjaga kebugaran dan kesehatan setelah melakukan rutinitas keseharian masyarakat kota.


WISATA SUNGAI, ALAM & KERAJINAN

sekitar17 Km dari kota Rantau menuju Arah Margasari terdapat objek wisata sungai yang memilikki keragaman variasi wisata yaitu wisata religi Maqam Datu Muning ( Syekh Muhammad Ilyas ), wisata alam menyaksikan Panorama sepanjang pesisir sungai Lok buah dengan aneka tanaman unik seperti tanaman jungkal ( keladi air ) yang tinngi Karbohidrat dan jadi lauk masyarakat Lok buah. Juga satwa langka yang bercanda diatas pepohonan seperti bekantan hidung merah, kera hitam ( Hirangan ) dan burung-burung langka lainnya yang sudah jarang ditemukan wilayah lain.

Air sungai yang biru jernih menampakkan dasar sungai dengan aneka biotanya melahirkan imaji positif tentang alam yang kaya akan makna dan nilai filosofis kehidupan. Di desa sungai rutas terlihat para pengrajin anyaman purun bercengkrama sambil terus memilin anyaman membentuk aneka variasi kerajinan.


Sumber : Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Tapin.

0 komentar:

Kotak Pencarian


Powered by Blogger.