Home » , » MENGENAL SENJATA TRADISIONAL BALI - KERIS BALI

MENGENAL SENJATA TRADISIONAL BALI - KERIS BALI



Indoborneonatural---- Nusantara Indonesia yang kita cintai ini sangat kaya dengan aneka peralatan tradisional terutama senajata tradisional yang unik dan khas. Pada setiap masing-masing daerah pasti memiliki yang namanya dengan senjata tradisional, yang mana senjata tradisional itu ketika zaman dahulu dipergunakan dengan baik untuk berperang melawan musuh-musuh yang menyerang diri kita, berburu atau sebagai alat pelengkap ketika adanya kegiatan resmi.

kebudayaan bali
Foto: duniapusakagallerykeris.blogspot.co.id
Senjata tradisional yang banyak ditemukan di nusantara kita adalah jenis senjata tradisional keris. Ini juga ditemukan di daerah bali yang terkenal dengan adat istiadatnya yang sangat khas dan unik. kekhasan dan keunikan bali yang sudah terkenal hingga manca negara banyak menjadi buah bibir dan penelitian. Termasuk keunikan senjata tradisional Keris-Bali yang sangat menarik jika kita pelajari lebih dalam lagi.
Menurut kisah cerita, keris bali ini merupakan salah satu peninggalan  dai kekuasan Kerajaan Majapahit. Konon katanya, keris ini kebudayaan Majapahit yang sangat kuat, sehingga alat pertempuran seperti keris ini diangkat oleh kerajaan-kerajaan di Pulau Bali atau bisa disebut dengan Pulau Dewata.
Keunikan dan kesakralan keris Bali yang terkenal, membuat banyak orang yang mencarinya, baik untuk kepentingan ritual atau sekadar untuk dikoleksi. Hampir sama dengan keris Jawa, ada jenis keris dengan karakter utama dari keris Bali adalah lekukan yang diciptakan dalam proses penempaan. Sesuai dengan pakem yang mengikuti keris Jawa, maka jumlah lekukan harus selalu berjumlah ganjil. Pembuat keris beranggapan, keris yang sempurna selalu berjumlah ganjil karena memiliki filosofi tertentu.
Keris Bali dengan lekukannya
Menurut filosofi, keris bali ini dilihat sebagai simbol dari nilai ajaran-ajaran tentang kehidupan agama Hindu. Bahkan, mereka mempunyai hari-hari tertentu untuk beribadah ketika akan merawat kesucian keris pusaka yang dimiliki olehnya.
Keris ini dijadikan sebagai peralatan perang penduduk Bali, kegunaannya selain untuk melindungi diri, keris ini bisa mewakili seseorang di dalam suatu undangan pernikahan/perkawinan.
Menurut dari kepercayaan-kepercayaan penduduk Bali, apabila keris pusaka ini direndam di dalam air putih maka akan bisa menyembuhkan diri sendiri dan anggota keluarga dari gigitan-gigitan binatang bisa seperti ular, kalajengking dan lain sebagainya.
Demikian mengenai senjata tradisional keris Bali yang khas dan unik sebagai bagian dari khasanah kebudayaan bangsa Indonesia, semoga bermanfaat. terimakasih.

0 komentar:

Cari Artikel