Home » , » TRADISI PINDAH RUMAH SUKU BUGIS "MAPPALETTE BOLA"

TRADISI PINDAH RUMAH SUKU BUGIS "MAPPALETTE BOLA"

Indoborneonatural---Jaman sekarang Kalau mau pindahan rumah, yang pertama kita pikirkan tentu mau bongkar dulu rumahnya buat diangkut atau yang lebih praktis beli aja rumah baru. Nah, ini ada yang unik dengan adat budaya suku bugis, lain dengan jaman sekarang, apa yang dilakukan Suku Bugis tempo dulu sangat unik dan menarik, karena pindah rumah artinya adalah memindahkan rumah seutuhnya tanpa dibongkar-bongkar untuk dibawa ke lokasi yang baru yang disebut mappalette bola.

Pada jaman dahulu Rumah adat Suku Bugis memang berupa rumah panggung dari kayu yang mudah dibongkar dan dipindahkan ke lokasi yang lain. Kegiatan mappalette bola yang dilakukan pada saat pemindahan tersebut kita bisa melihat budaya gotong royong warga satu kampung yang sekarang ini sudah mulai langka dan sangat jarang dijumpai.

Kegiatan dan upacara Pengangkatan rumah oleh warga satu kampung ini dikomandoi oleh ketua adat atau kepala kampung. Ketua kampung tersebut yang akan memberikan aba-aba kapan harus mengangkat, berjalan, kecepatan langkah dan sebagainya. Irama dan ritme perjalanan rumah terus diatur hingga rumah tepat berada dilokasi yang sudah ditentukan.

Menarik bukan,,.. kira-kira ada yang mau mencoba pindah rumah dengan cara ini ??

0 komentar:

Kotak Pencarian


Powered by Blogger.