Home » , , , , » MENGENAL ALAT MUSIK TARBANG DARI KALIMANTAN SELATAN

MENGENAL ALAT MUSIK TARBANG DARI KALIMANTAN SELATAN

Indoborneonatural---Jika kita jalan-jalan ke Kalimantan Selatan khususnya ke daerah Martapura Kabupaten Banjar, maka kita akan melihat ragam kesenian tradisional masyarakat yang menggunakan alat musik sebagai pengiringnya. Salah satu alat musik yang juga banyak digunakan adalah alat musik "Tarbang" khas Kalimantan Selatan.

Menurut Ilmu tentang struktur instrumen musik berdasarkan sumber bunyi (Organologi), Alat musik Tarbang termasuk dalam kategori  Membranophone, yang dalam bahasa Indonesianya disebut "Terbang". Prinsip penyuaraannya adalah disebabkan getaran Membran yang ada pada muka tarbang tersebut. Dengan pukulan tertentu, membran tersebut dapat menghasilkan bunyi antara lain seperti : PANG, PRANG, BRING, DANG. DING, dan DUNG. Bunyi tersebut di dapatkan dan dihasilkan dari beberapa teknik dan cara pukulan tertentu terhadap Tarbang.

Menurut bentuknya Tabang yang ada di daerah Kalimantan Selatan ini terbagi atas dua macam, sebagaimana terlihat pada gambar-gambar di bawah ini:

Dua bentuk dan jenis Tarbang yang ada di daerah Kalimantan Selatan;


Kedua bentuk tarbang tersebut di atas dapat kita lihat pada tiga bagiannya, yaitu bagian muka, bagian rangka badan yang menurut istilah daerah banjar Kalimantan Selatan disebut "Karongkong". dan bagian belakang. Bagian muka biasanya ditutupi dengan kulit kambing. sedang Karongkongnya dibuat dari kayu "Jingah" atau kayu "Nangka".

Menurut klasifikasinya, Tarbang di daerah kalimantan Selatan terbagi atas empat macam, yaitu : Tarbang "Sinoman Hadrah", Tarbang "Madihin", Tarbang "Lamut" dan Tarbang "Burdah".

Alat Musik Tarbang, Alat Musik Pukul, Alat musik Kalsel, Art Instrument Traditional
Alat Musik Tarbang Jaman Dahulu
Tarbang "Sinoman Hadrah" yang dipakai sebagai pengiring kesenian "Sinoman Hadrah" dan "Rudat", merupakan tabang yang terkecil dari seluruh jenis-jenis Tarbang yang ada di Kalimantan Selatan. Ukuran jenis tengah mukanya 30 cm, garis tengah bagian belakang 25 cm, dan tinggi rongga badan 7 cm serta tebalnya 1 ¹/₂ cm. Di sekeliling rongganya terdapat 3 lobang. Sebuah lobang untuk pegangan tangan atau juga sering digunakan untuk menempatkan tali untuk menggantung tarbang tersebut dan dua lobang yang lainnya adalah untuk menempatkan lempengan besi yang telah digunting berupa lingkaran. Gunanya untuk menambah bunyi gemerincing pada Tarbang tersebut.
Jenis tarbang ini adalah lima buah, yang memiliki fungsi masing-masing sebagai berikut :

  1. Pembawa
  2. Penyaluk
  3. Peningkah, penggulung dan
  4. Babun 
Tarbang yang sedikit besar dari Tarbang Sinoman Hadrah itu ialah Tarbang Madihin yang dipakai atau digunakan sebagai pengiring kesenian Madihin. Ukuran garis tengah bagian muka 31 cm, garis tengah bagian belakangnya 26 cm, tinggi rangka badannya 12 cm dan tebal rangka badannya 2¹/₂ cm. Di bagian muka dan belakang Tarbang itu dibuat bingkai.

Bingkai dibagian muka adalah penggulug kulit penutup bagian muka tersebut, sedangkan bagian belakangnya adalah untuk menempatkan tali peregang membrannya. Pada sekeliling rongga badan Tarbang itu terlihat tali-tali peregang. Diantara tali-tali peregang itu terlihat pula pasak-pasak yang terbuat dari kayu. Tarbang ini biasanya juga terbuat secara tunggal atau solo, dan kadang-kadang pula dua atau sampai empat buah. Hal ini tergantung kepada banyak sedikitnya orang yang mengadakan pertunjukan kesenian "Madihin" itu. Jika yang membawakan acara itu seorang diri saja maka Tarbangnya cukup sebuah saja. Dan jika terjadinya acara bersahut-sahutan, maka akan kita temui dua dua atau sampai empat buah Tarbang tersebut.  

Tarbang yang lebih besar lagi adalah Tarbang Lamut, yang dipakai sebagai pengiring dalam kesenian Lamut. Kesenian Lamut adalah sejenis Narative, yaitu ceritera yang di ceriterakan begitu rupa dan diiringi dengan berbagai pantun dan syair yang dilagukan. Garis tengah bagian mukanya 52 cm, garis tengah bagian belakangnya 35 cm, tinggi rangka badannya 24 cm, dan tebalnya 6 cm. Tarbang Lamut tidak sebanyak Tarbang Sinoman Hadrah atau Tarbang Madihin. Dia cukup sebuah saja, karena di samping bentuknya yang begitu besar, bunyinya pun dapat menirukan bunyi-bunyi yang ada pada Babun (gendang Babun).

Tarbang yang paling besar adalah Tarbang Burdah dan pengiring orang Maayun Anak. Banyaknya ada empat buah yang masing-masing berfungsi sebagai pembawa, peningkah, panganting dan panyaluk.

Bentuk yang paling besar garis tengah mukanya berukuran 62 cm, garis tengah belakang 45 cm, tinggi rangka badan 21 cm, dan tebalnya 6 cm. Bentuk yang sedikit lebih kecil garis tengah mukanya 38 cm, garis tengah belakangnya 28 cm, tinggi rangka badan 27 cm dan tebalnya 3¹/₂ cm. Bentuk yang agak kecil lagi garis tengah bagian mukanya 35 cm, garis tengah bagian belakang 32 cm, tinggi badannya 24 cm dan tebalnya 3¹/₂ cm. Bentuk yang paling kecil garis tengah bagian mukanya 25 cm, garis tengah bagian belakangnya 21 cm, tinggi rangka badannya 24 cm dan tebalnya 3¹/₂ cm.  

Secara umum sistem peregangnya bagi semua TARBANG itu sama saja,


0 komentar:

Kotak Pencarian


Powered by Blogger.