Home » » RESEP KULINER MAKANAN TRADISIONAL GADO-GADO

RESEP KULINER MAKANAN TRADISIONAL GADO-GADO

Siapa yang tidak kenal Gado-gado,  hampir semua orang Indonesia kenal dan pasti pernah merasakan enak dan nikmatnya Gado-gado. Gado-gado adalah makanan khas tradisional nusantara yang berupa sayur-sayuran yang direbus atau dikukus dan campur jadi satu, dengan bumbu atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan disertai irisan telur dan di atasnya ditaburi bawang goreng. Tidak ketinggalan sebagai pelengkap diberi emping melinjo goreng atau kerupuk di atasnya. Selain rasanya yang enak dan tentunya cukup mengenyankan buat perut yang sedang lapar.

Gado-gado sering dimakan dengan lontong atau nasi putih tergantung selera dan daerah di damana gado-gado tersebut disajikan. Sayur-sayuran yang sering digunakan juga bervariasi pada masing-masing daerah, tetapi pada umumnya sayuran yang digunakan adalah :
  1. Sayur hijau yang diiiris kecil-kecil seperti selada, kubis, bunga kol, kacang panjang, dan tauge.
  2. Sayuran lainnya seperti wortel dan mentimun bahkan ada yang menambahkan kecambah.
  3. Tomat
  4. Kentang rebus yang diiris-iris
  5. telur rebus.
Dengan pengecualian telur  dan kentang rebus, sayur-sayuran yang digunakan biasanya masih dalam keadaan mentah. Walaupun terkadang sayuran seperti kubis dan bunga kol bisa juga direbus air panas. Ada juga sayuran yang terkadang dimasak dengan air panas (dikukus).
Salah satu perbedaan gado-gado dari salad adalah saus kacang yang digunakan. Bahan-bahan yang digunakan untuk saus kacang ini juga dapat bervariasi. Bahan yang  biasanya digunakan adalah kacang goreng yang dilumatkan, bawang putih, cabai, merica, air jeruk nipis. Sering juga sesuai selera ditambahkan kecap dan terasi. 

Bagaimana? enak bukan..mari kita kewarung gado-gado, yuk.. pesan yang special !!

0 komentar:

Kotak Pencarian


Powered by Blogger.