Home » » Cara Membuat Ketupat Dan Lontong Lebaran

Cara Membuat Ketupat Dan Lontong Lebaran

Lontong dan ketupat adalah makanan khas Indonesia yang sudah menjadi masakan nasional dan menusantara, hampir disemua daerah sudah memiliki menu masakan ini dalam keluarga. Lontong dan ketupat dapat disajikan dalam berbagai acara terutama ketika menyambut lebaran dan Hari raya Idul Fitri, rasanya kurang lengkap jika tidak menyediakan ketupat atau lontong ini. Ketupat dan lontong tradisional pada umumnya dibuat dengan dibungkus dengan daun, ketupat dapat dibuat dengan bungkusan daun kelapa yang masih muda atau janur yang dianyam sedemikian rupa, sedangkan lontong dibuat  dengan mudah dibungkus daun pisang, bisa juga dibungkus dengan daun pandan, bahkan dapat pula dengan bungkus plastik.

Adapun Bahan untuk membuat lontong dan ketupat ini adalah :
  • Beras, yang sudah dicuci bersih dan ditiriskan
  • air secukupnya
  • daun pisang untuk membungkus lontong
  • bungkus/ kulit ketupat untuk membuat ketupat
  • plastik kemasan standar ½ kg.
Berikut ini cara membuat masing-masing dari tiga bentuk ketupat dan lontong dengan cara yang berbeda yaitu : 

1. Cara Membuat Ketupat :
  • Beras yang sudah dicuci bersih sebaiknya direndam selama 3 jam. Tiriskan dan dapat dicampur dengan sedikit kapur sirih untuk membantu proses pemadatan. Masukkan beras ke dalam bungkus ketupat tidak lebih dari 2/3 bagian isi.
  • Didihkan air, masukkan ketupat lalu rebus hingga matang selama 4-5 jam dan pastikan ketupat selalu terendam penuh semua. Tambahkan air panas jika ketupat tidak terendam.
  • Angkat, siram dengan air matang dingin supaya kulit ketupat tetap bersih, tiriskan dengan cara digantung atau diampar di nampan nyiru hingga kering.
Tips : Cara lain, beras dapat dimasak setengah matang atau diaron lalu masukkan ke dalam bungkusan ketupat atau bungkusan lontong lalu rebus.


2. Cara Membuat Lontong Bungkus Daun Pisang :
  1. Potong-potong daun pisang menjadi lembaran-lembaran untuk membungkus lalu celupkan 2 detik dalam air mendidih agar layu dan tidak mudah pecah saat disemat, lalu keringkan.
  2. Buat selongsong atau gulung-gulung lembaran daun pisang, sisi dalam berwarna hijau tua dengan garis tengah 3-4 cm. Kemudian salah satu ujungnya disemat dengan lidi.
  3. Masukkan beras ke dalam selongsong tersebut, namun cukup sampai setengahnya saja. Kemudian semat kembali sisi yang lain. Masukkan ke dalam panci, isi air sampai selongsong terendam.
  4. Rebus hingga matang dan lontong terasa padat. Gulungan lontong harus tergenang air, tambahkan air panas jika tidak terendam. Setelah diangkat, sirami lontong dengan air matang dingin supaya kulit tetap bersih, tiriskan dan dinginkan dengan posisi miring/ berdiri supaya airnya benar-benar tiris dan kering.
3. Cara Membuat Lontong Bungkus Plastik
  1. Beras yang sudah dicuci bersih sebaiknya direndam selama 3 jam. Tiriskan beras dan dapat dicampur dengan sedikit kapur sirih untuk membantu proses pemadatan. Masukkan beras ke dalam bungkus 1/3 isi plastik lalu ikat atau staples ujung atasnya. Lubangi masing-masing dengan tusuk gigi sekitar 10 lubang secara merata.
  2. Panaskan air, masukkan ketupat lalu rebus dengan api sedang hingga matang selama 2 jam dan pastikan selalu terendam. Tambahkan air panas jika lontong tidak terendam air rebusan.
  3. Angkat dan dinginkan lontong dengan cara dibiarkan terkena angin dalam wadah yang terbuka.
Demikianlah cara membuat ketupat dan longtong untuk hari Lebaran semoga bermanfaat, terimakasih.

0 komentar:

Kotak Pencarian


Powered by Blogger.