Home » , , , » MENGENAL TEMPAT WISATA BANJARMASIN KALIMANTAN SELATAN

MENGENAL TEMPAT WISATA BANJARMASIN KALIMANTAN SELATAN

Kelotok wisata, Siring martapura, sungai Kalsel, Wisata Banjarmasin
Jalan-jalan Ke Kalimantan Selatan khususnya ke kota Banjarmasin, kita akan menikmati beberapa pemandangan indah dan juga beberapa tempat wisata yang cukup menarik. Lanskap Banjar, sebutan untuk alam di sekitar kota Banjarmasin yang terkenal dengan sebutan kota Seribu sungai, memberikan perjalanan wisata yang pasti tidak akan terlupakan oleh kita jika berkunjung ke sana. Seperti beberapa tempat dan objek wisata berikut ini :

Pasar Terapung

Sejak tempo dulu, ketika para nenek moyang di pedalaman Kalimantan Selatan Eksistensi sungai di Banjarmasin memiliki peran penting baik untuk perekonomian masyarakat maupun bagi sektor pariwisata. Kebudayaan sungai sebagai gambaran untama kehidupan masyarakat diberbagai bidang ini telah berkembang menjadi sentra ekonomi secara tradisional, kegiatan pasar salah satunya dan Salah satunya pasar yang menarik adalah terapung yang berada di bantaran sungai Martapura di daerah Kuin Alalak dan di daerah Pasar Terapung Lok Baintan berlokasi di desa Sungai Pinang.   Menjadi salah satu daya tarik Kota Banjarmasin. Kegiatan di Pasar Terapung ini dimulai pagi-pagi sekali pada pukul 05.30 WITA sampai pukul 08.00 WITA. Selain kedua tempat pasar terapung tersebut, juga ada pasar terapung mingguan yang dibuka sebagai objek wisata di siring Sungai Martapura. 





Taman Siring Sungai Martapura
Taman Siring Sungai Martapura lokasinya berada di seberang Kompleks Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Jl. Jendral Sudirman Banjarmasin, letaknya dipinggir Sungai Martapura. Taman ini dibangun pada 2004 dan menjadi tempat berkumpul dan rekreasi para muda-mudi Banjarmasin.



Menara Pandang Siring Martapura

Bangunan yang baru saja dibangun pemerintah kota Banjarmasin ini merupakan salah satu objek wisata yang diandalkan pemerintah kota dan merupakan aset wisata yang menarik minat wisatawan luar dan lokal yang berkunjung untuk menikmati suasana dan keindahan Sungai Martapura.



Kampung Sasirangan

Mau oleh-oleh khas Banjarmasin Kalimantan Selatan, maka bisa berkunjung ke Kampung Sasirangan. Kampung Sasirangan adalah tempat dimana kita bisa membeli oleh-oleh berupa pakaian atau Kain batik khas Banjarmasin yaitu kain sasirangan. Kampung sasirangan ini merupakan sentra pembuatan (home Industri) produksi kain Batik Sasirangan Kalimantan Selatan. Lokasinya berada di Jalan Seberang Masjid, Kelurahan Kampung Melayu, Banjarmasin. Kain Sasirangan dulunya adalah pakaian yang dipakai pada upacara adat suku Banjar.






Museum Waja Sampai Keputing

Museum Wasaka adalah museum perjuangan rakyat Kalimantan Selatan. Wasaka sendiri merupakan singkatan dari Waja Sampai Kaputing, dalam bahasa Banjar maksudnya adalah tekad para pejuang di Kalimantan Selatan dalam melawan penjajah Belanda hingga titik darah penghabisan. Di dalam musim banyak ragam benda-benda pusaka peninggalan banjar tempo dulu. yang menceritakan tentang sejarang perkembangan Banjar dan perjuangan di wilayah Kalimantan Selatan.


 

Mesjid dan Makam Bersejarah Sultan Suriansyah

Salah satu objek wisata yang juga banyak dikunjungi wisatawan sekaligus pejiarah adalah Mesjid dan Makam Bersejarah Sultan Suriansyah. Letaknya di Jalan Pangeran di daerah kuin cerucuk Banjarmasin Utara. Bagi anda yang ingin menuju pasar terapung muara kuin dan Pulang kembang dapat sekalian singgah di tempat bersejarah ini, karena baik jalan darat maupun jalan sungai akan melewati tempat wisata yang satu ini.


Pulau Kembang

Pulau Kembang adalah sebuah delta yang berada di tengah sungai Barito, Pulau ini dihuni oleh Puluhan ekor kera-monyet berekor panjang dan beberapa jenis burung. Pulau ini secara administratif berada di kecamatan Alalak, Kabupaten Barito, Kalimantan Selatan. Pulau ini bisa dicapai dengan perahu kelotok yang banyak disewakan di sekitar Pasar Terapung muara kuin dan alalak.

Banjarmasin_Kalsel, indoborneonatural


Maskot Bekantan

Maskot bekantan yang merupakan objek wisata terbaru yang dibuat pemerintah kota Banjarmasin, sebagai aset wisata yang mencerminkan perhatian pemerintah terhadap pelestarian monyet bekantan yang merupakan satwa langka yang hanya ada diwilayah Kalimantan Selatan ini. Maskon bekantan yang dibuat dengan ukuran besar tersebut, mempunyai daya tarik tersendiri. Selain lokasi dibangunnya maskot Bekantan ini cukup strategis dan merupakan tempat yang menarik sebagai tempat wisata, juga sangat cocok dijadikan tempat wisata keluarga untuk mengenalkan binatang langka khas kalimantan Selatan yaitu Monyet Bekantan. 


Demikian beberapa tempat wisata Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan yang cukup menarik dan membuat kita akan selalu terkenang bahwa kita pernah datang di sana !!, terimakasih. Selamat berkunjung.

0 komentar:

Kotak Pencarian


Powered by Blogger.