Home » , » Masakan Tengkleng Klewer Solo

Masakan Tengkleng Klewer Solo

Jika kita jalan-jalan dan berwisata ke kota Solo, kita akan menemukan salah satu masakan khas Solo yang sedang digandrungi masyarakat di kota ini yaitu Tengkleng Solo.

Tengkleng Solo adalah salah satu masakan dan jajanan khas Solo yang paling dicari oleh para pengunjung, wisatawan atau pembeli yang sekedar melintas dijalan-jalan kota solo. Tengkeleng Lewer Solo dengan rasanya yang khas berisi kepala kambing, tulang berbalut sedikit daging dan kulit yang dimasak dalam kuah santan, tapilannya sih agak mirip dengan gulai kambing, tetapi kuanya sedikit lebih encer, hidangan ini memberikan rasa enak yang sulit diucapkan dengan kata-kata, tengkleng Solo ini juga dipercaya dapat meningkatkan stamina seseorang.
Ketika penulis jalan-jalan ke Solo memang banyak penjual tengkleng ini, terutama disekitar pasar Klewer. Ada yang sudah memiliki warung/ kios tempat berjualan yang tetap, juga banyak yang berjualan dengan menggendong dagangannya berkeliling di sekitar Pasar Klewer dan wilayah Solo. Penulis makan Tengkleng di sebuah warung yang tekenal di Solo yang berada di bawah Gapura Pasar Klewer. Di sini tidak pernah sepi pengunjung, biasanya tengkleng yang dihidangkan dengan menggunakan wadah yang disebut "pincuk" yaitu wadah yang dibuat dari daun pisang yang dilipat sedemikian rupa, lebih enak dinikmati. Ada sih yang menghidangkan dimangkuk atau dalam piring, tetapi menurut saya rasanya lebih enak yang dihidangkan di wadah pincuk ini, karena terasa ada sensasi tersendiri dengan aroma daun pisangnya hihihi....

0 komentar:

Kotak Pencarian


Powered by Blogger.