Home » , , » Pesona Keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir

Pesona Keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir

Sebuah tempat wisata yang terkenal bukan hanya bagi turis lokal tetapi juga turis manca negara adalah sebuah danau yang terkenal keindahannya, danau ini tidak lain dan tidak bukan, yaitu Danau Toba, dimana dikatakan bahwa danau toba ini adalah salah satu danau terbesar se-Asia tenggara.

Memulai memahami pesona dan keindahan Danau Tiba terdapat sebuah cerita legenda rakyat yang mengisahkan tentang seorang laki-laki yang menikahi wanita cantik yang merupakan jelmaan dari seekor ikan mas yang ditangkap lelaki tersebut disebuah sungai. Drama dan kisah terjadi antara wanita ikan dengan lelaki ini, hingga timbullah danau Toba yang dimaksud.


Seiring dengan berjalannya waktu, kini cerita tentang danau toba tersebut dianggap hanya sekedar dongeng belaka. Tidak banyak anak muda jaman sekarang mengetahuinya mereka hanya mengetahui lewat buku yang di berikan sekolah saja, namun di balik itu semua siapa sangka dengan kurangnya minat anak jaman sekarang terhadap cerita rakyat danau toba tersimpan sebuah keindahan dari danau yang terletak di kepulauan Sumatra itu.

Secara ilmu geografi, Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik yang indah bernama Pulau Samosir.

Sebagai salah satu keindahan wisata di kota-kota Indonesia, Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata terpenting di Sumatera Utara selain Bukit Lawang, Berastagi dan Nias, yang banyak menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Yaitu dengan adanya sebuah pulau kecil yang bernama pulau samosir, nama samosir di amil dari nama anak laki-laki yang menikahi wanita jelmaan ikan tadi. untuk dapat menuju ke pulau samosir yag letaknya di tengah-tengah danau, anda hanya perlu menyewa sebuah perahu atau sampan yang di sediakan di tiap pinggir danau.



Selain dari keindahan danau toba dan pulau samosir yang menawan, masih banyak keindahan lain yang terpancar mempesonakan mata kita, yaitu jika kita berada di pinggir danau  pada sore hari, kita dapat melihat keindahan warna pelangi di sore hari. Ajaibnya jika secara teori sebuah pelangi hanya akan muncul setelah hujan berhenti dan menjadi bias bianglala, tetapi di danau toba kita akan melihat sebuah pelangi yang cantik dan indah setiap sore walaupun hari tidak hujan. Pelangi itu muncul akibat hasil dari pantulan sinar matahari dari danau, hal ini dapat terjadi pada setiap sore hari pada saat pukul 17.00 dan pukul 18.00.Jadi jika kita berkunjung ke danau toba pilihlah saat dimana moment indah di atas dapat kita lihat, dan takkan terlupakan seumur hidup kita.

Demikianlah sekilas tentang danau toba dengan pesona dan keindahannya, sebuah danau yang menyimpan beribu keindahan alami dan sebuah cerita yang melegenda. Sebagai sebuah kekayaan budaya bangsa Indonesia yang wajib kita lestarikan keberadaannya.


Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Danau_Toba

0 komentar:

Kotak Pencarian


Powered by Blogger.