Home » , » DURIAN LAHUNG-LAHONG (Durio dulcis)

DURIAN LAHUNG-LAHONG (Durio dulcis)

Indoborneonatural----Siapa sich yang tidak kenal buah durian? Ya, buah dengan ciri khas duri yang banyak di bagian kulit luarnya ini tersebar luas di beberapa negara, terutama banyak ditemukan di daerah-daerah di Asia Tenggara. Dengan baunya yang tajam tapi harum, dari jauh saja seseorang sudah dapat mengenali tanda-tanda adanya buah durian.

Bagi Anda khususnya pencinta buah dengan nama Latin Durio sp, jika jalan-jalan ke Kalimantan, maka anda akan menemukan buah durian khusus yang khas Kalimantan yang diberi nama penduduk setempat dengan nama Durian Lahung atau Lahong.



Durian Lahung (Durio dulcis), agak minor namanya, termasuk buah durian yang hanya ditemukan di daratan pulau Kalimantan, tersebar di seluruh wilayah Kalimantan hingga ke wilayah Sabah Malaysia. 

Durio dulcis, yang juga dikenal sebagai durian marangang (atau merangang), durian merah, tutong, atau lahong, adalah pohon yang cukup besar dalam genus Durio. Tingginya bisa mencapai 40 m. Kulit buahnya berwarna merah tua sampai coklat-merah, dan ditutupi dengan duri ramping 15-20 mm. Daging buahnya berwarna kuning gelap, tipis, dan beraroma karamel dalam, dengan aroma terpentin. Buah dari spesies ini dianggap oleh banyak orang sebagai yang paling manis dari semua buah durian.

Namun pagi ini, aku temukan di pasar Kandangan Kalimantan Selatan. Hanya satu yang menyediakan dari beberapa penjual durian. Harganya berkisar antara 10 hinggga 25 ribu rupiah, tergantung ukuran dan kualitas buah durian yang bersangkutan.

Durian ini memang enak dan manis, apalagi dinikmati ditempat yang jualan langsung. Semanis acil yang menjualnya..hihihi...

Berminat mencicipinya ? datanglah ke Kalimantan Selatan....

0 komentar:

Cari Artikel