Home » , , , » INILAH 76 MACAM TARIAN KHAS KALIMANTAN SELATAN YANG HARUS DILESTARIKAN

INILAH 76 MACAM TARIAN KHAS KALIMANTAN SELATAN YANG HARUS DILESTARIKAN

Indoborneonatural----Seperti daerah-daerah lainnya, Kalimantan Selatan khususnya Banua Banjar memiliki ragam seni tari yang bermacam-macam. Hal ini memperlihatkan kekayaan seni budaya yang dimiliki daerah Kalimantan Selatan yang sangat tinggi. Pernah tercatat ada sekitar dua ratus lima puluh buah organisasi yang bergerak dalam bidang budaya: seni tari, seni rupa, seni musik, seni suara, seni drama, dan seni sastra. Melalui organisasi-organisasi itulah para seniman daerah menyalurkan bakatnya serta rasa seninya untuk memenuhi kebutuhan rakyat akan hiburan. 


Tari Kalsel-Gambar: syarief76.wordpress.com
Dalam perkembangannya sejak waktu yang lama hingga sekarang ini terdapat banyak perombakan baik dalam tema maupun sarananya. Sejak jatuhnya kerajaan Banjarmasin pada pertengahan abad XIX, kesenian klasik kraton mengalami disintegrasi total. Gamelan misalnya, sebagian besar yang masih sifat-sifat keratonnya yang lembut lemah gemulai sudah berganti dengan pukulan-pukulan cepat dan keras. Bahan yang tadinya dibuat dari gangsa telah diganti dengan besi. Sedang sastra Banjar dengan menggunakan tulisan huruf Arab dan bahasa Melayu terhenti sama sekali.

Perkembangan seni budaya selanjutnya adalah untuk memenuhi hasrat masyarakat akan hiburan pada saat setelah menuai padi atau pada kesempatan lain seperti perkawinan dan sebagainya.

Teater rakyat yang disebut Mamanda lahir sebagai perpaduan antara tonil Melayu dengan tema-tema "Seribu satu malam", dengan baju baru sesuai dengan selera rakyat haus rekreasi di permulaan abad XX. Di samping itu beberapa jenis tarian yang kurang baik menurut pandangan agama Islam secara perlahan-lahan menghilang, tarian yang menghilang seperti Tari gandut dan tari topeng yang tidak lagi dimainkan baik di kota maupun didaerah-daerah plosok Kalimantan Selatan.

Dalam tahun 1975 Proyek Pusat Pengembangan Kesenian Kalimantan Selatan mengadakan penelitian dalam hal tari-menari. Hasilnya menunjukan bahwa penduduk Kalimantan Selatan memiliki seratus dua puluh delapan organisasi tari dengan anggota enam ratus lima orang anggota sedangkan tarian yang dipelajari sebanyak tujuh puluh enam macam tarian.

Berikut inilah 76 (tujuh puluh enam) macam tarian di daerah Kalimantan Selatan Selatan yang harus kita pelajari dan lestarikan;

1. Tari Baksa Kelana
2. Tari Temeng
3. Tari Baksa Panah
4. Tari Baksa Lilin
5. Tari Baksa Kembang
6. Tari Topeng (Panji)
7. Tari Baksa Lunta
8. Tari Baksa Ular
9. Tari Brama
10. Tari Baksa Rajawali
11. Tari Panimba Sagara
12. Tari Baksa Lilin Pancaran Dewa
13. Tari Baksa Ratu Kumala Kuku 
14. Tari Radap Rahayu
15. Tari Burung Mantuk
16. Tari Jambang Kaca
17. Tari Damarwulan
18. Tari Wayang Gong
19. Tari Ahui
20. Tari Tirik
21. Tari Tirik Lalan
22. Tari Japin
23. Tari Gerbang/Pahlawan
24. Tari Rantauan
25. Tari Kuda Gepang
26. Tari Mendung
27. Tari Sinoman Hadrah
28. Tari Mamanda (Baladon)
29. Tari Jepen Anak Tiga
30. Tari Japin Anak Delapan
31. Tari Kurung-kurung Pelanduk
32. Tari Gintur (Giring-giring)
33. Tari Benelai (Selendang)
34. Tari Balian Bawo
35. Tari Balian Amonraho
36. Tari Balian Dadas
37. Tari Balian Sawa
38. Tari Babansai
39. Tari Deder
40. Tari Kupu-kupu
41. Tari Mandulang Intan
42. Tari Datu Banawa
43. Tari Ading Bastari
44. Tari Sukmaraga-Patmaraga
45. Tari Nagasari
46. Tari Tempurung
47. Tari Rabana
48. Tari Kunang-kunang
49. Tari Maiwak
50. Tari Baradap
51. Tari Mamuai Wanyi
52. Tari Manjala Iwak
53. Tari Sumokorong
54. Tari Dayung Meratus
55. Tari Payung
56. Tari Burung Simbangan Laut
57. Tari Simbangan Darat
58. Tari Temeng Keleweng
59. Tari Selendang
60. Tari Manuai Padi
61. Tari Kakamban Habang
62. Tari Kuda Gepang Binian (Wanita)
63. Tari Kembang Goyang
64. Tari Tanggui
65. Tari Tangguk
66. Tari Patah Sembilan
67. Tari Mainang Pulai kampai
68. Tari Tanjung Katung
69. Tari Serampang Delapan
70. Tari Serampang Dua belas
71. Tari Lenggang Kencana
72. Tari Tanjung Ria
73. Tari Kaparinye
74. Tari Sri Langkat
75. Tari Maya Sari
76. Tari Hali Gali

Umumnya tari-tarian klasik itu diiringi dengan lagu-lagu dari perangkat gamelan yang terdiri atas: babon, gender, dau, gambang, saron, salantang kadenong, selantang besar, kenong, ketek, gong besar, gong kecil, kangsi, rantai, rantani unang-unang, suling, paksur, dan rebab. Sedang lagu-lagu yang dimainkan di antaranya adalah: ayakan lima, wani-wani, pancar buang, peksi mandong, paksi muluk, kabur, sumbu gelang, mas gemitir, gunjang ganjing babun, kambang muni, ketawang, kembang gayam, lagu kencang, sitru anam, dan sebagainya.

Di samping gamelan juga dikenal alat-alat musik lainnya seperti: kuriding, kecapi Dayak dan kurung-kurung. Sedangkan orkes-orkes maupun bang yang ada di daerah Kalimantan Selatan telah menggunakan alat-alat elektronis misalnya gitar, biola, organ, piano, sollo, alat-alat tiup, dan sebagainya.

Demikianlah 76 (tujuh puluh enam) macam tarian di daerah Kalimantan Selatan- Banua banjar  yang pernah ada dan harus kita pelajari dan lestarikan. Terimakasih kasih sudah berkunjung ke blog Indoborneonatural ini, semoga tulisan ini bermanfaat. Wassalam..

Sumber: Naskah Sejarah Daerah Kalimantan Selatan, Proyek Penelitian dan Pencatatan kebudayaan Daerah Depeartemen pendidiklan dan Kebudayaan Tahun 1977/1978.

0 komentar:

Cari Artikel